Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV)

Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV) adalah satu diantara yang menimbulkan kerapkali dari vertigo, satu tanda-tanda yang dilukiskan jadi sensasi kepala berputar. BPPV tunjukkan terdapatnya satu situasi dimana sensasi berputar-putar itu cuma terjadi saat beberapa saat serta kerapkali berhenti dengan sendirinya. Mungkin saja bakal berulang kali tiada argumen atau yang menimbulkan yang pasti.

Beberapa perihal bisa memicu vertigo. BPPV merupakan arti yang dipakai untuk vertigo yang berbentuk hilang muncul (paroxysmal), tidak adanya penyakit lain yang menjadi dasar ataupun dipicu oleh vertigo ini. Pasien kerapkali rasakan kuatir serta ketakutan lantaran pembawaan serangan yang berat serta sukar diperhitungkan.

Penyakit ini terkait dengan skema labirin di telinga sisi dalam. Skema labirin ini bertindak dalam menjaga kesetimbangan badan. Skema labirin terdiri dalam tiga aliran semisirkuler yang memiliki kandungan ujung-ujung serabut saraf serta cairan di dalamnya yang berikan tanda tempat badan menurut jenis gravitasi. Ada kristal-kristal kecil (cupulolith) pada batang serabut saraf yang kalau jatuh bakal menjadikan masalah dalam cairan itu hingga memicu vertigo.

Yang menimbulkan BPPV
Yang menimbulkan BPPV masih jadi misteri. Seputar 50% dari semua peristiwa BPPV tak diketemukan dipicu. Belum bisa diterangkan kenapa kristal-kristal kecil dalam telinga dalam itu terlepas dari tempatnya. Masalah ini mungkin lantaran luka kepala mudah atau pergerakan kepala yang berkali-kali (contohnya pergerakan kepala pada waktu kerja di muka monitor computer atau bersihkan satu benda yang terletak tambah tinggi dari kepala).

Peluang yang menimbulkan lain merupakan:

Infeksi virus
Peradangan serabut saraf (neuritis)
Komplikasi perbuatan operasi di wilayah telinga dalam (khususnya pada wanita serta lanjut usia)
Resikonya obat-obatan
Pergerakan kepala yang sangat kencang
Tanda-tanda BPPV
Gejalanya berwujud sensasi berputar-putar seperti naiki wahana di taman bermain atau duduk di bangku yang berputar-putar serta tanda-tanda ini bakal berhenti sendiri lewat cara tiba-tiba. Tanda-tanda lain yang bisa menuruti sensasi ini salah satunya: kehilangan kesetimbangan atau jatuh, mual atau muntah, serta nystagmus (pergerakan bola mata yang tak normal serta tak diakui).

Kapan kita harus mengontak dokter?
Lantaran BPPV adalah penyakit yang tak beresiko (benign), orang harus mengontak dokter kalau ada tanda-tanda yang mungkin terkait dengan stroke atau infeksi. Tanda-tanda stroke rata-rata terjadi lebih lama serta lenyap secara lamban. Tapi, kalau kuatir dengan tanda-tanda yang di alami, jangan kuatir untuk lekas mengontak dokter.

Lekas hubungi instalasi genting paling dekat kalau nampak tanda-tanda kekurangan atau kelumpuhan atau rasa kebas pada satu segi anggota gerak, masalah pandangan, atau masalah bicara, khususnya lidah pelo. Beberapa gejala itu adalah isyarat mungkin stroke. Kalau berlangsung demam yang bersama vertigo, mungkin ada infeksi sebagai yang menimbulkan vertigo. Infeksi ini peluang dipicu oleh virus. Tapi, ada tanda-tanda demam, kaku leher atau sensitivitas yang terlalu berlebih pada sinar, mungkin ada infeksiyang lebih berat (perumpamaannya meningitis) serta harus lekas mendapatkan perawatan.

Penyakit Menierre disinyalir dengan tiga tanda-tanda, yakni vertigo, kurang pendengaran, serta telinga berdenging (tinitus). Beberapa gejala penyakit Menierre ini seperti dengan BPPV, akan tetapi rata-rata terjadi lebih lama. Pada beberapa pasien, beberapa gejala ini dapat terkait dengan neuroma akustik, yakni satu tumor jinak di telinga sisi dalam. Orang yang alami beberapa gejala ini harus lekas mengontak dokter.

Vertigo bisa memicu mual serta muntah berat. Masalah ini bisa membuat satu orang sukar minum obat atau alami dehidrasi. Perawatan dokter diperlukan pada beberapa orang yang mengenyamnya.

Beberapa orang dengan vertigo yang tak cepat hilang beresiko tambah tinggi alami peristiwa jatuh hingga diminta untuk lekas mengontak dokter kalau tanda-tanda vertigo tak lenyap dalam beberapa saat. Jangan memakai kendaraan sendiri pada sewaktu berlangsung serangan.

Bagaimanakah caranya menanggulangi vertigo?
Mencegahan mulai dengan minum air yang cukup serta menjauhkan pergerakan kepala yang terlampau cepat. Waktu tanda-tanda vertigo mulai nampak, bisa dikerjakan perihal tersebut.

Berbaring dengan tempat kepala dikit tambah tinggi ketimbang tubuh. Waspada supaya tak jatuh.
Minum air putih yang banyak.
Pada sewaktu muncul serangan vertigo, jangan memakai kendaraan, kerja pada tempat yang tinggi, atau jalankan mesin yang beresiko lantaran kalau kehilangan kesetimbangan bisa menjadikan luka.
Hindarkan pergerakan kepala serta pergantian tempat badan lewat cara tiba-tiba.
Ada satu tehnik yang diketahui dengan tehnik Brandt-Daroff untuk turunkan derajat berat BPPV serta meringkas durasinya. Tehnik ini bisa di ajarkan oleh pelaku kesehatan. Tapi, tehnik ini tidak selamanya sukses.
BPPV rata-rata pulih dengan sendirinya dalam beberapa minggu atau sekian bulan tiada terapis pribadi. Tehnik latihan fisik (contohnya tehnik Brandt-Daroff) serta obat-obatan bisa membantu gejalanya. Walau dapat pulih prima, vertigo bisa terulang kembali beberapa bulan atau bahkan juga beberapa tahun sesudah peristiwa yang pertama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *