Ini Dia Gejala dan Penyebab Campak pada Anak

Campak yakni satu infeksi virus yg amat menyerang, yg diikuti dengan demam, batuk, konjungtivitis (peradangan selaput ikat mata/konjungtiva) serta ruam kulit. Penyebaran infeksi berlangsung sebab hirup percikan ludah pasien campak. Pasien dapat menularkan infeksi ini dalam tempo 2-4 hari sebelum rimbulnya ruam kulit serta sepanjang ruam kulit ada. Campak biasa menyerang pada beberapa anak umur pra-sekolah serta beberapa anak SD. Bila seorang sudah pernah menanggung derita campak, jadi seumur hidupnya ia akan kebal pada penyakit ini.

Yang menimbulkan
Campak diakibatkan oleh paramiksovirus. Penyebaran berlangsung lewat percikan ludah dari hidung, mulut atau tenggorokan pasien campak.
Beberapa orang yg riskan pada campak yakni:

bayi berusia lebih dari 1 tahun,
bayi yg tidak memperoleh imunisasi, serta
remaja serta dewasa muda yg belum memperoleh imunisasi ke-2.
Tanda-tanda
Tanda-tanda mulai muncul dalam tempo 7-14 hari seusai terinfeksi, adalah berbentuk:

ngilu tenggorokan,
hidung meler,
batuk,
ngilu otot,
demam,
mata merah, serta
fotofobia (riskan pada sinar, silau).
2-4 hari selanjutnya ada bintik putih kecil di mulut sisi dalam (bintik Koplik). Ruam (kemerahan di kulit) yang dirasa rada gatal ada 3-5 hari seusai munculnya tanda-tanda di atas. Ruam ini dapat bersifat makula (ruam kemerahan yg mendatar) atau papula (ruam kemerahan yg mencolok). Awal mulanya ruam kelihatan di muka, adalah di muka serta dibawah telinga dan di leher samping samping. Dalam tempo 1-2 hari, ruam menebar ke batang badan, lengan serta tungkai, sedang ruam di muka mulai menipis.

Komplikasi
Pada anak yg sehat serta gizinya cukup, campak jarang-jarang menyebabkan serius. Beberapa komplikasi yg dapat mengikuti campak:

Infeksi bakteri
Pneumonia
Infeksi telinga tengah
Kadang-kadang berlangsung trombositopenia (penurunan banyaknya trombosit), sampai pendeita gampang memar serta gampang alami perdarahan
Ensefalitis (inteksi otak) berlangsung pada 1 dari 1,000-2.000 masalah.
Diagnosis
Analisis ditegakkan berdasar pada tanda-tanda serta ruam kulit yg ciri khas.Kontrol lain yg mungkin butuh dilaksanakan:

kontrol darah,
pembiakan virus, serta
serologi campak.
Penyembuhan
Tidak ada penyembuhan teristimewa buat campak. Anak seharusnya menekuni tirah baring. Buat turunkan demam, dikasihkan asetaminofen atau ibuprofen. Bila berlangsung infeksi bakteri, dikasihkan antibiotik.

Mencegah
Vaksin campak sebagai sisi dari imunisasi teratur pada beberapa anak. Vaksin umumnya dikasihkan berbentuk gabungan dengan gondongan serta campak Jerman (vaksin MMR/mumps, measles, rubella), disuntikkan pada otot paha atau lengan atas. Bila cuma mempunyai kandungan campak, vaksin dibeirkan pada usia 9 bulan. Berbentuk MMR, dosis pertama dikasihkan pada umur 12-15 bulan, dosis ke-2 dikasihkan pada umur 4-6 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *