Mengenal Lebih Dekat Penyakit HFMD

Mungkin sejumlah besar dari kita masih asing dengan penyakit HFMD, walau sebenarnya penyakit ini dapat berlangsung pada anak kita mengingat penyebarannya yg sangat gampang. HFMD atau hand-foot-and-mouth disease adalah penyakit yg membuat timbulnya cedera dalam mulut, di tangan, di kaki, serta kadangkala di wilayah pantat. Cedera yg ada itu dapat amat menyakitkan. Memang penyakit ini cuma berlangsung sekian hari serta tak tambah lebih dari 1 minggu.

HFMD seringkali berlangsung pada anak, namun dapat juga berlangsung pada dewasa. Penyakit ini dapat berlangsung kapan saja tetapi prevalensi tertinggi kebanyakan pada musim panas. Pemicu HFMD yaitu virus yg disebutkan enterovirus. Penebaran virus ini sangat gampang melalui udara dari pasien yg batuk atau bersin-bersin. Tidak hanya itu bisalah menebar lewat feses.

Tanda-tanda penyakit ini beragam. Pada awal kebanyakan anak tampak lemas, serta seperti menanggung derita radang tenggorokan, atau alami demam. Babak seterusnya, pada suatu atau dua hari, beberapa luka seperti sariawan atau cedera lepuh akan tampil di mulut atau dalam mulut, di kaki, tangan serta kadangkala di ruang pantat. Kebanyakan beberapa luka yg ada ini akan hilang dalam kurun waktu 1 minggu. Pada sejumlah masalah, HFMD tak memberikan tanda-tanda awal.

Jadi bagaimana menganalisa HFMD? Seseorang dokter akan memberi penelitian penyakit HFMD berdasar pada keterangan anda serta dari pengecekan beberapa luka di mulut, tangan atau kaki. Pengecekan pribadi yang lain kebanyakan tak diperlukan.

Penatalaksanaan HFMD

Penyakit HFMD kebanyakan tak butuh terapis pribadi. Anda dapat kerjakan perawatan dalam rumah buat kurangi tanda-tanda salah satunya:

Jangan kasih minuman dan makanan yg pedas serta mempunyai kandungan asam seperti jeruk, saus pada anak anda. Ini sebab asam serta pedas bisa bikin cedera yg ada pada mulut jadi lebih perih.
Buat menanggulangi demam bisa kasih parasetamol pada anak Anda. Parasetamol relatif aman pada anak buat turunkan demam. Jangan kasih aspirin pada anak.
Virus bisa menebar pada minggu-minggu awal, serta anak yg terinfeksi HFMD amat berpotensial buat menularkan penyakit ini. Oleh sebab itu, butuh dilaksanakan mencegahan biar tak berlangsung penebaran virus salah satunya dengan :

Membasuh tangan Anda serta anak sekerap mungkin. Bersihkan tangan anda selesai menyembuhkan beberapa luka di mulut anak serta selesai ganti popok pada anak. Tularkan juga ini pada seluruhnya bagian keluarga biar penyebaran bisa menyusut
Lihat anak anda biar jangan meminjamkan mainan atau berjabatan tangan sepanjang mereka terinfeksi HFMD biar anak lain tak turut tertular
Bicarakan dengan guru di sekolah mengenai HFMD yg terkena anak anda, serta mengharap ijin buat sekian hari tak berlangsung penyebaran ke anak yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *